Saturday, April 14, 2007

PC Media Antivirus

Kalo dulu kita sering menggunakan antivirus buatan paman, namun setelah dikejutkan oleh Virus Brontok, banyak Antivirus lokal mulai bermunculan, dikarenakan antivirus luar yang masih kurang handal untuk menangani virus lokal tersebut, mungkin karena sample yang meraka dapat kurang banyak variasi, atau karena penyebaran virus lokal di luar masih kurang yah...

Salah satu antivirus lokal yang menarik menurut saya adalah PCMAV buatan PC Media, Anti virus gratis ini disertakan bersama bundel CD Majalah PC Media. Hingga artikel ini dipublish, sekarang sudah mencapai versi 1.0 RC14, yang menarik dari PCMAV ini, database untuk virus lokalnya sudah bisa mengenali banyak varian varian terbaru, selain itu engine PCMAV juga bisa diintegrasikan dengan Virus Database milik CLAMAV, yang mana CLAMAV adalah AntiSpammer berbasis un*x namun bisa berjalan baik dengan PCMAV yang berbasis w1nd*ws.

Selain untuk scanner PCMAV juga sudah menyertakan fungsi Real Time Protectornya sejak versi RC11. Untuk versi RC14 ini RTP yang disertakan masih Beta4.

Walaupun ada laporan yang menginformasikan RTP Beta4 pada RC14 memiliki bugs yang cukup menggagu, namun PC MEdia sendiri sudah menanggapinya dengan mengeluarkan patch untuk memperbaiki bugs ini.

Semoga dengan perkembangan ini, kita tidak perlu lagi menggunakan Antivirus luar yang berlicensi mahal.

klik di sini untuk mendownload PCMAV RC14+RTP Beta4
klik di sini untuk mendownload PCMAV RC14+RTP Beta4 bugs fix

thx. to mas eko dot kom dan virus indonesia dot kom

No comments:

Mac-On-Linux Divider Bar