Saturday, March 14, 2009

KPU Sosialisasi Pileg di Lokalisasi Dolly



Surabaya - Pelaksanaan Pileg pada 9 April mendatang semakin dekat membuat KPU Surabaya terus giat mensosialisasikan sistem pencontrengan. Kali ini KPU Surabaya mensosialisasikan di Lokalisasi Dolly Jalan Kupang Gunung Timur dan Girilaya.

"Kami ingin agar semua pihak tahu dan paham tentang cara baru memilih caleg pada pileg mendatang," ujar Pokja Sosialisasi KPU Surabaya, Eko Sasmito kepada wartawan di lokalisasi Dolly, Sabtu (14/3/2009).

Setiba di lokalisasi terbesar se Asia Tenggara itu, petugas KPU langsung bergerak masuk ke beberapa wisma. Kepada pemilik wisma, anggota KPU menerangkan bahwa mereka hanya ingin mensosialisasikan sistem baru bahwa tidak ada lagi pencoblosan pada pileg mendatang. Sebagai gantinya sistem pencontrengan yang akan digunakan.

Anggota KPU kemudian memberi contoh lantas mempersilahkan pemilik wisma mencontreng, melipat kertas suara dan memasukkan ke kotak suara. Dengan sabar anggota KPU membimbing dan mengajari warga yang tinggal di sekitar lokalisasi untuk mencontreng termasuk juga kepada para tukang becak yang biasa mangkal di sekitar lokalisasi.

Para PSK pun tak luput dari sasaran sosialisasi. Berkumpul di Wisma New Barbara, sekitar 100 PSK diberi pengarahan apa yang harus dilakukan pada pileg mendatang. Ternyata banyak juga para PSK yang tidak tahu cara mencontreng. Berkali-kali para petugas mengarahkan bahwa yang dicontreng adalah nama caleg, bukan gambar atau simbol partai.

"Tanggal 19 atau tanggal 9 April ya," ujar Yeyen salah satu PSK saat menanyakan Pileg akan digelar.

Sementara salah satu pemilik beberapa wisma di Dolly, Saka mengatakan apa yang dilakukan KPU Surabaya ini adalah sosialisasi pertama di kawasan Dolly. Sebelumnya belum pernah ada sosialisasi pemilu di kawasan Dolly. Saka mengatakan pada Pileg besok, dirinya bakal membebaskan sekitar 350 anak buahnya apakah akan mencontreng di Surabaya atau di kampung halamannya.

"Terserah mau mencontreng di sini atau di kampung. Saka izinkan pulang jika ingin mencontreng di kampung halaman," tukas Saka.(iwd/fat)

Sumber : http://surabaya.detik.com/read/2009/03/14/190011/1099465/466/kpu-sosialisasi-pileg-di-lokalisasi-dolly





1 comment:

Pengertian Kata said...

bener2 demokratis..
Pecun juga manusia...
Punya rasa...
punya hati...

Mac-On-Linux Divider Bar