Wednesday, March 26, 2008

Kuota Berhaji 2008

Sama seperti tahun lalu, tahun inipun proses administrasi perjalanan ibadah haji masih menggunakan sistem online Siskohat Depag. Programing Input data yang dibuka serentak seIndonesia sejak pukul 10:00 WITA.

Sebanyak kurang lebih 30+15 operator berpacu dengan waktu mengiput data para calon jemaah haji... melihat pengalaman tahun lalu, Input data hanya berkisar 45 menit dan kuota Haji yang tersedia pun langsung penuh... namun kali ini hingga Pukul 11 kurang 5 menit data masih bisa diinput habis... nampaknya ada sedikit perubahan dalam sitem tahun ini, semua data dari seluruh penjuru Indonesia akan ditampung terlebih dahulu sampai batas waktu, barulah nanti data disharing hingga mencukupi kuota Haji Indonesia 2008/2009.

Yup, ternyata menunaikan Ibadah Haji itu tidak segampang Menyetorkan sejumlah Uang lalu kemudian Berangkat, benar benar banyak sekali rintangan2x dan tahapan2x yang harus dilewati. Apalagi degan menggunakan sistem ini apakah akan menjadi beban para calon jemaah, ato malah bisa menaikkan pamor Pemerintah dalam mengurusi Jemaah Haji, melihat berita tahun lalu, beberapa jemaah haji yang ditelantarkan dan kurang terurus oleh pemerintah saat menjalankan ibadah di Tanah Suci.

Kita hanya bisa mendoakan, semoga para Calon jemaah bisa berangkat dan pulang sebagai haji yang mabrur... Amin...

Ref : Dibalik “Dapur” Operasional Haji Khusus 2007

No comments:

Mac-On-Linux Divider Bar