Wednesday, June 20, 2007

3G dan HSDPA, Saudara sekandung, beda ayah, beda ibu

Q: Di daerah saya baru saja launching 3G Telkomsel, kalo pake TelkomselFlash, apakah bisa internetan dengan koneksi ke atas (Up to Up) 3,4Mbps ?
 
A: AWAS.... JANGAN SAMPAI ANDA TERTIPU.... JANGAN SAMPAI ANDA JADI KORBAN PERTAMA, JADILAH KORBAN KEDUA/KETIGA....
 
3,4 TelkomselFlash adalah teknologi HSDPA (3.5G) BUKAN hanya TRIJI (3G), jika anda hanya menggunakan 3G, kecepatan yang anda dapatkan hanya berkisar ke atas 384Kbps (lebih kurang kayak speedy). Tanyakan dulu apakah jaringan HSDPA juga sudah masuk di tempat anda.
 
Q: Lalu, jika saya menggunakan HaPe Nokiya 6680 yang sudah mendukung 3G, lalu saya gunakan untuk inter-nyet-an (dengan asumsi jaringan HSDPA juga sudah tersedia), apakah koneksi yang akan saya dapatkan sebesar 3,4 ?
 
A: NOOO... Sama halnya dengan jaringan HSDPA yang berbeda dengan dengan jaringan Triji, begitu pula dengan Perangkat yang anda gunakan, HandPhone yang mendukung 3G BELUM TENTU mendukung 3,5G namun sebaliknya HandPhone yang mendukung HSDPA pasti mendukung 3G. Untuk saat ini HP Nokia yang mendukung HSDPA terdaftar adalah : N95 E90 6110Navigator 6120Classic dan 6121Classic.
 
Q: Saya menggunakan N95 dan jaringan HSDPA di daerah saya juga sudah ON, apakah 3,4Mbps akan saya dapatkan
 
A: MAYBE YES MAYBE NO, sangat banyak faktor penentu kestabilan sebuah koneksi, dengan teori koneksi kabel jauh lebih stabil dari sinyal saja, kita sudah mendapatkan jawaban. Koneksi 3G yang sudah lebih dulu berkembang, tidak bisa mencakup semua daerah dengan standarisasi kestabilitasan. Baik cuaca maupun alam sama berpengaruhnya.
 
Kesimpulan :
  • 3G tidak sama dengan 3,5G walaupun mereka masih adik kakak, tapi dilahirkan dari generasi berbeda, begitu pula dengan perangkatnya.
  • Jika anda ingin menikmati koneksi cepat 3,4Mbps gunakanlah HP yang mendukung HSDPA, jangan hanya menggunakan HP yang mendukung Triji saja.
  • Jika Handphone HSDPA terasa berat di kantong, alternatif lain gunakanlah USB Modem/PCMCIA yang sudah mendukung HSDPA
--
Di puji tidak nambah, di ejek tidak kurang

1 comment:

Anonymous said...
This comment has been removed by the author.
Mac-On-Linux Divider Bar