Monday, June 04, 2007

Google kurang mengIndexing Blogger

Saya pernah membaca beberapa referensi dari para pengguna WordPress.com umumnya yang sering menjadi keluhan mereka dari Blogger.com ini adalah minimnya Blog mereka muncul di mesin pencari seperti google, padahal mereka sudah lama sekali menulis blog. Saya sendiri menulis di blogger.com sejak 2005, namun yang berhasil di index kan oleh google mungkin hanya 1-2 artikel saja.

Setelah mencoba beberapa konfigurasi setting dan mengedit Meta Crawler, dengan harapan blog saya lebih di index oleh google, namun masih saja blog saya tetap minim ditangkap oelh mesin pencari kesukaan saya itu.

Akhirnya setelah saya mencoba fitur FTP Transfer blogger, blog saya terindex lebih cepat dan lebih banyak di site saya yang baru (http://komemggg.awardspace.com)

Terbukti ketika saya men search dengan key : Dipuji tidak Nambah, Diejek tidak Kurang google.com mengindex komemggg.awardspace.com berada diposisi paling atas sedangkan yang blogspot menempati di posisi 2. Yang lebih mengejutkan lagi ternyata blog saya sudah di index terlebih dahulu oleh technorati.com yang berada di posisi ke-3
Kemudian saya pun kembali mencoba googling menggunakan keyword dari post post yang lain, alhasil :
  • Blogger FTP Transfer - posisi 6
  • Mencoba Blogger Layout Beta - Posisi 1
  • Hilangnya penghargaan buat pejalan kaki - Posisi 1 (Artikel yang sama saya post pada Yahoo Blog menempati posisi 5)

Walaupun hasil index yang tampil masih berupa Draft Title, bukan berupa Draft Post, hasil indexing ini lebih cepat dari pada blogspot.com

Masih kurang jelas kenapa google kurang mengindex blogger.com padahal sejak akuisisi google, engine blogger sudah lebih bagus dan lebih maju :)

2 comments:

Anonymous said...

Wahh... om google kacamatanya kurang tebel kali tuch! Makanya bisa ada yg meleset..^^

Anonymous said...

Info-info yang berguna!!. Ditunggu artikel selanjutnya ya mas..:)

Mac-On-Linux Divider Bar