Wednesday, July 04, 2007

Ketangkasan BPK 17 Agustusan

Baru saja memasuki awal bulan Juli, sudah banyak persiapan persiapan lomba 17 agustus. Memang setiap tahunnya untuk menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia selalu diadakan lomba, baik di sekolah, maupun untuk tingkat RT/RW. Balap karung, panjat pinang, tarik tambang, tidak pernah ketinggalan. Untuk beberapa perlombaan tersebut, mungkin persiapannya tidak terlalu banyak, namun untuk lomba gerak jalan nampaknya para peserta sudah jauh jauh hari mempersiapkan diri. Pasalnya jenis lomba ini memerlukan ketahanan fisik yang lebih berat.

Selain perlombaan tersebut yang mungkin sering kita jumpai di daerah daerah lain, sejak beberapa tahun yang lalu di Banjarmasin setiap 17an juga diadakan Lomba Ketangkasan BPK (Barisan Pemadam Kebakaran). Ide lomba ini muncul karena banyaknya BPK-BPK di Banjarmasin. Daerah kota Banjarmasin yang padat dan meningkatnya volume terjadinya kebakaran, membuat masing masing wilayah/daerah menyiagakan diri dengan mendirikan pos pos pengaman kebakaran dari hasil swadaya masyarakat. Bahkan saking banyaknya Kota Banjarmasin pernah dianugerahi dengan title kota dengan Barisan Pemadam Kebakaran terbanyak se-Indonesia. Dari situlah akhirnya lomba ketangkasan ini diadakan.

Lomba ini buka hanya bertujuan untuk unjuk kebolehan/unjuk gigi, namun juga untuk mempererat tali silaturohmi antar sesama tim BPK, serta untuk memperkokoh kesiapan dan kinerja para anggota BPK tersebut.

Lomba yang diadakan di halama Mesjid Raya Sabilal Muhtadin ini dimulai dari tepian sungai Martapura dengan mesin dan selang dalam keadaan tergulung, setelah peluit dibunyikan mesing segera dihidupkan, dan beberapa orang lari membawa selang sambil melewati beberapa rintangan, ke arah target yang sudah disiapkan. Target berupa ember yang digantung tinggi di atas tiang, setelah seorang anggota tim tiba di depan tiang air disemprotkan ke arah ember hingga ember terjatuh. Peserta yang terlebih dahulu menjatuhkan ember adalah pemenangnya.

Lomba ini sekarang sudah menjadi Kalender tetap Kota Banjarmasin tiap tahunnya, dan sama seperti peserta lomba gerak jalan, para peserta lomba ketangkasan BPK ini juga sudah jauh jauh hari mempersiapkan diri. Karena kemenangan lomba ini, bisa membawa kebanggaan tersendir buat daerah/wilayah BPK tersebut.

No comments:

Mac-On-Linux Divider Bar