Friday, August 17, 2007

Gmail Spam tidak 100%

Perbedaan Gmail dari Mail Yahoo ada pada folder Spam nya (pada yahoo bernama BULK), kalo di yahoo kita bisa menghapus semua isi Mail Spam dengan langsung meng klik [Empty], namun pada gmail kita harus membuka Folder Spam terlebih dahulu, kemudian meng klik Delete all Spam messages now.

Seperti biasa, kalo sebelum browsing dan download, pasti buka mail dulu. Waktu buka Gmail tadi siang, tidak ada indikasi yang aneh, mail pada inbox seperti biasa dan folder spam selalu terisi penuh. Namun ada yang aneh ketika saya membuka Folder Spam. Tiba tiba dari BitDefender mengeluarkan warning adanya Virus Alert dari html web yang saya buka. Indikasi ini hanya muncul sewaktu saya membuka Folder Spam, karena sebelumnya saya membuka Inbox dan Folder Terkirim (Sent Mail) tidak ada indikasi apa apa.

Analisa saya, fungsi Spam pada Gmail sama seperti pada Yahoo! Mail, mail yang di indikasikan berisi spam/script jahat akan langsung di masukkan ke Folder Spam. Jika dalam kurun waktu tertentu Folder Spam tidak dikosongkan, Mail otomatis akan mengosongkan/Empty Folder Spam, namun jika suatu alamat mail sudah di tandai sebagai spam terlebih dahulu (Marked as Spam) maka mail tersebut akan langsung di hapus tanpa harus masuk ke Folder Spam.

Namun pada kasus Spam Gmail yang saya temui kali ini, ada satu mail yang mengandung Script yang bisa aktif pada saat mail kita buka/pada saat kita download. Sedangkan Fungsi Folder Spam milik Gmail itu sendiri, hanya mengalihkan Mail yang berisi/terindikasi sebagai Spam dari Inbox ke Folder Spam, tidak seperti menu Quarantine yang sering kita temui pada Antivirus pada umumnya yang berfungsi untuk memindahkan file yang terindikasi virus dan langsung menguncinya sehingga tidak aktif lagi.

Padahal yang saya lakukan hanyalah membuka Folder Spam, tanpa membuka satupun mail yang berada di Spam, namun karena Internet Explorer dengan sendirinya menyimpan cache ke Temporary Internet Files, disitulah BitDefender langsung menangkap aktivitas ilegal dari Script yang menempel pada halaman file html.

Saran saya Berhati hatilah dengan mail yang sudah masuk ke dalam Folder spam, apalagi jika anda menggunakan mail client untuk mendownload mail dari gmail, karena kadang kadang ada mail spam yang masih bisa lolos dan masih bertokol di Inbox, sehingga bisa ikut terdownload.

Lengkapi Mail Client anda dengan anti Spam tambahan, karena Anti Spam milik Gmail sendiri tidak jaminan 100% aman.

No comments:

Mac-On-Linux Divider Bar