Thursday, May 31, 2007

Blogger FTP Transfer

Kalo anda pengguna blogger.com punya web hosting dan domain sendiri, trus pengen menginstal blog yang sama kaya di blogger.com ini mulai dari isi artikel ampe templatenya, blogger baru BETA ternyata udah menyediakan buat fitur tersebut.

Melalui menu Setting - Publishing kita masukkin nama server, username, ama password FTP hosting yang baru, lalu pilih Publish now dan dengan otomatis blogger akan mengirimkan semua isi blog kita ke server yang baru.

Bahkan kita juga bisa mengisikan redirect address untuk alamat blogger kita yang lama ke alamat host yang baru, sehingga jika masih ada teman yang belum tahu alamat host blog anda yang baru akan langsung dialihkan ke blog anda yang baru

Artikel ini dibuat masih dari CP post Blogger.com untuk penampilan perdananya di host yang baru, walaupun saya masih menggunakan FTP host gratisan :)

silakan cek komemggg.awardspace.com (FTP Transfering by Blogger.com from komenggg.blogspot.com)

Kekurangan dari fitur ini adalah, masih belum didukungnya New Layout BETA, sehingga saya sendiri yang sudah terlanjur menggunakan template baru, terpaksa kembali beralih ke template yang lama. Untung saja template saya yang lama masih disimpankan di server blogger ini jadi saya cuman perlu memilih menu Revert to Classic Template.

Selain itu waktu yang digunakan untuk Republish artikel/post baik yang baru maupun yang setelah kita edit akan memakan waktu sedikit lebih lama dari biasanya, tergantung koneksi server FTP host kita.

Kesimpulannya fitur ini sangat cocok sekali buat anda yang udah jatuh cinta dengan blog dan gak mau berpisah dengan kenyamanan Blogger.com sedangkan webhost anda tidak menyidiakan fitur fantastico blog maupun database. Blog FTP Transfer ini bisa menjadi salah satu alternatif.

1 comment:

Anonymous said...

wahhhhhh, serasa punya aplikasi blogger sendiri nih....

Mac-On-Linux Divider Bar