Sunday, December 02, 2007

Anomali Datang Bulan

Sumber: http://imagebintaro.blog.co.uk

BURUH perempuan melapor ke mandor, hari itu tak masuk kerja mengambil cuti haid. Mandor membuka notes dan menyergah, "Mana mungkin baru tanggal 21 kau sudah datang bulan lagi, bulan lalu kau cuti haid tanggal 25! Kalau bulan lalu 30 hari, normalnya kau dapat lagi tanggal 23!"

"Tapi nyatanya hari ini aku sudah datang bulan!" tegas buruh. "Kan soal biasa terjadi anomali, datang lebih cepat atau terlambat!"

"Anomali? Alasan!" timpal mandor. "Terus terang saja kalau mau libur lebih panjang!"

"Bukan alasan!" sambut buruh. "Anomali itu bisa terjadi seperti bulan mengelilingi bumi, sesekali bulan berkisar lebih dekat dari seharusnya sehingga gravitasinya menarik permukaan lautan lebih tinggi dan terjadilah gelombang pasang besar!"

"Lu cuma buruh cari alasan cuti hamil lebih cepat, jangan banyak cerita!" entak mandor.

"Meski cuma buruh aku kan tamat SMA, jadi pernah belajar astronomi!" timpal buruh. "Gravitasi bulan itulah penyebab terjadinya pasang surut air laut! Dan, tekanan semesta itu berpengaruh terhadap tubuh manusia!"

"Berarti bencana gelombang pasang besar tak bisa dicegah?" kejar mandor.

"Kalau gelombang pasangnya, tak bisa!" tegas buruh. "Tapi ancaman akibatnya, kalau bisa memantau gejalanya pada permukaan laut ataupun faktor-faktor astronomis yang terkait perubahan iklim di bumi, seharusnya bisa dihindari lewat sistem peringatan dini!"

"Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) sudah memberi peringatan dini, sekian hari ke depan terjadi gelombang pasang besar di pesisir Samudera Hindia, agar warga mengantisipasinya! " sambut mandor.

"Itu dia! Tapi orang kan tak bisa memindah rumah, gedung sekolah, dan fasilitas umum lainnya yang sejak awal dibangun di pantai!" tegas buruh. "Yang bisa diamankan jiwa warga serta harta yang bisa dibawa! Artinya, ke depan, orang harus membangun semakin menjauhi pantai! Karena permukaan laut juga cenderung akan terus meningkat akibat efek rumah kaca dari pemanasan global, yang mengakibatkan salju di puncak gunung mulai meleleh, menambah volume air di lautan!"

"Apa itu penyebab abrasi air laut ke darat kan jauh, seperti terlihat di kawasan Labuhan Meringgai? Atau malah, Pulau Tapal Kuda di Langkat, Sumatera Utara, sudah hilang ditelan laut!" sambut mandor. "Bagaimana pemanasan global itu terjadi!"

"Akibat gas karbon buangan pabrik dan mesin pendingin dari negara-negara industri yang telah melebihi kapasitas oksigen yang ada untuk menetralisasinya, gas itu mejebol ozon -- pelapis panas terhadap atmosfir bumi!" ujar buruh. "Sudah ada gerakan bersama warga dunia untuk mengurangi buangan gas karbon itu, disebut dengan Protokol Kyoto, tapi Amerika Serikat sebagai pembuang terbesar gas karbon di dunia tak mau meratifikasi! "

"Berarti berbagai bencana akibat anomali iklim tak bisa dilepaskan dari gas buangan industri negara maju, terutama Amerika yang menolak Protokol Kyoto!" entak mandor.

"Tapi mereka malah menuding kita, terganas merusak hutan, penyebab produk oksigen dunia terus menipis!" timpal buruh. "Warga bumi saling tuding sembari berlomba merusak ketahanan atmosfir bumi!" ***

No comments:

Mac-On-Linux Divider Bar